Pemkab Naikkan Standar Rehab

Maswandi 09 Desember 2016 05:23:28 WIB

TANJUNG – Rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) saat ini menjadi salah satu program Pemkab Lombok Utara. Kedepan, pemkab berencana meningkatkan RTLH menjadi Rumah Layak Sehat (RLS).

RLS ini mencakup ketersediaan fasilitas MCK. Hal ini untuk menunjang kesehatan masyarakat, khususnya yang berada di daerah pelosok. “Standar harus kita naikan. Kalau sebelumnya rumah layak huni saja, ke depan akan ditingkatkan juga menjadi RLS,” ujar Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, kemarin (5/12).

Dijelaskan, teknis pengerjaan rumah tersebut nantinya akan mengolaborasikan antara SKPD satu dengan lainnya. Misalnya, Dinas Kesehatan dengan Kantor Lingkungan Hidup (KLH). Prosesnya tentu melalui pendataan yang ketat agar pembangunan rumah ini tidak salah sasaran. “Kita inginkan harus integrasi umpamanya Dikes dengan KLH. Insya Allah kami lakukan tahun 2018 mendatang,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini banyak warga Lombok Utara yang tinggal di pelosok desa khususnya di dataran tinggi. Melihat hal itu, tentu kesehatan mereka menjadi taruhan. Ini karena akses kebersihan maupun sarana dan prasarana yang sangat terbatas.

Digagasnya wacana ini bukan tanpa alasan. Faktor pendukung lain yakni untuk mendorong masyarakat meningkatkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). “Sekarang ini boleh dibilang kami akan fokus di seluruh kecamatan. Hanya saja Kecamatan Bayan dan Kayangan menjadi perhatian khusus. Implementasinya pun akan mengarah pada STBM itu,” katanya.

Lebih lanjut, Najmul mengungkapkan, program perbaikan RTLH masih ditemukan yang tidak menyediakan kamar mandi. Hal inilah yang menjadi latar belakang pihaknya meningkatkan menjadi rumah layak sehat. “Kalau tidak bisa satu rumah satu kamar mandi. Minimal tiga rumah ada satu kamar mandi,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara Suhardi mengatakan, program RLS ini merupakan peningkatan status dari pembangunan program RTLH. Hanya saja konsep MCK menjadi pembeda, di mana lebih menekankan kebersihan. “Kalau ini kan MCK, sementara yang lain tidak berbasis itu. Semoga bisa dimulai tahun 2018 mendatang,” pungkasnya. (puj/r7)

Sumber: http://www.lombokpost.net/2016/12/06/pemkab-naikkan-standar-rehab/ 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Sigar Penjalin

tampilkan dalam peta lebih besar