Jelang Tahun Baru Pencurian Ternak di KLU Makin Marak, Begini Solusinya

Maswandi 14 Desember 2016 03:14:14 WIB

kicknews.today Lombok Utara – Jelang tahun baru aksi pencurian ternak semakin marak saja di Lombok Utara. Penyebabnya, dinilai lantaran kesadaran warga masih minim untuk membuat kandang kolektif. Sementara dalam pelaksanaan ronda malam di pos jaga juga tidak kalah minimnya.

Teranyar, Kamis (8/12) lalu tepatnya di Dusun Teluk Kombal Kecamatan Pemenang seekor sapi milik warga hampir jadi jadi sasaran pelaku. Beruntung saat itu Polisi berhasil mencegahnya.

“Memang masih banyak warga yang belum memiliki kandang kolektif, padahal ini bisa mencegah aksi pencurian ternak tersebut,” ujar Kapolres sementara KLU, AKBP Rifai. Jumat (9/12).

Bagi warga yang memiliki ternak khususnya berada di pelosok desa, dihimbau supaya membuat kandang kolektif. Sebab selain dapat mengawasi ternak secara maksimal, turut pula menimbulkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab diantara warga itu sendiri.

“Itu Pos Beringin di Kecamatan Kayangan tahun ini mendapatkan juara tiga tingkat Polda NTB, nah kalau semua bisa mengambil contoh dari sana tentu sangat bagus,” katanya.

“Artinya dalam hal kantibmas semua elemen harus terlibat mulai pemilik ternak, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan unsur pemerintah desa, maupun kepolisian sendiri. Jadi semua harus bersatu,” sambungnya.

Menyoal langkah antisipasi kedepan, polisi terus berupaya intens melakukan patroli disejumlah titik yang dianggap rawan. Terlebih pada jam – jam tertentu, tat kala situasi sepi dan lowong justru kerap dijadikan kesempatan para pencuri ternak melancarkan aksinya.

“Sebenarnya semua anggota kita selalu turun, tapi terkadang pelaku cukup jeli melihat kesempatan. Sampai saat ini anggota juga terus mengimbau warga supaya mau membangun kandang kolektif maupun mengaktifkan ronda malam,” pungkasnya.(iko)

Sumber: http://kicknews.today/2016/12/11/jelang-tahun-baru-pencurian-ternak-di-klu-makin-marak-begini-solusinya/

Komentar atas Jelang Tahun Baru Pencurian Ternak di KLU Makin Marak, Begini Solusinya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Sigar Penjalin

tampilkan dalam peta lebih besar