Seribu Pendaki Bersihkan Rinjani Dalam Kabut, Brimob Ambil Bagian

Maswandi 14 Desember 2016 03:18:28 WIB

kicknews.today Lombok Utara – Aksi “Clean Up Rinjani” dalam rangka HUT NTB ke-58 diikuti kurang lebih seribu pendaki yang terdiri dari semua kalangan. Polisi pun tak ketinggalan, tercatat 502 personil dari Satuan Brimob Polda NTB yang ikut bergabung guna membersihkan icon pariwisata NTB ini meski cuaca sedikit berkabut.

Usai dibuka oleh Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin, Sabtu (10/12) lalu, di Areal Hotel Nusantara Pelawangan Rinjani Lombok Timur. Para peserta selanjutnya berangkat menuju Gunung Rinjani secara bersamaan.

‘’Selama pendakian kami memungut sampah disepanjang Pos-Pos persinggahan dan jalur pendakian. Saya bersama anggota dan para relawan lainnya melihat fakta banyaknya sampah di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, cukup memprihatinkan,” ujar Pasi Ops Detasemen Gegana Sat brimob Polda NTB, Ipda Putu Wirawan.

Menurutnya, guna menjaga Rinjani tetap bersih semua kalangan harus ikut ambil bagian. Terkhusus pemerintah, seyogyanya agar bisa menjadwalkan giat pembersihan gunung supaya kedepannya Rinjani tetap bersih.

‘’Ini harus dilakukan secara berkala serta berkesinambungan dan dikoordinir oleh pemerintah daerah untuk mengembalikan Kawasan Rinjani yang bersih dan nyaman. Karena menjaga destinasi wisata kebanggaan NTB ini adalah tanggung jawab kita bersama,” harapnya.

Selain itu, ia mengimbau supaya pendaki yang datang ke Rinjani baik wisatawan manca negara maupun domestik, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya sejauh pantauan, didapati masih banyak sampah bahkan coretan yang tidak jelas.

‘’Saya berharap kepada para pendaki yang melakukan pendakian agar mutlak untuk membawa turun sampahnya, tidak melakukan corat coret, tidak membawa atau merusak tumbuhan terutama sari bunga edelweiss,” pungkasnya.

Aksi clean up rinjani ini diselenggarakan selama tiga hari dimulai pada tanggal 9-11 kemarin. Adapun peserta yang mengikuti, diantaranya Satuan TNI, Polri, Basarnas, Pol. PP Provinsi NTB, Disbudpar Prov. NTB, Rinjani Core, Balai TNGR, KPH Rinjani Timur dan Barat, Medis dari Puskesmas Sembalun dan Senaru, Koramil, Porter, Pecinta Alam (PA), hingga Mahasiswa dari Mataram.(iko)

Sumber: http://kicknews.today/2016/12/13/seribu-pendaki-bersihkan-rinjani-brimob-ambil-bagian/

Komentar atas Seribu Pendaki Bersihkan Rinjani Dalam Kabut, Brimob Ambil Bagian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Sigar Penjalin

tampilkan dalam peta lebih besar