Profil Wilayah Desa

Maswandi 11 April 2017 02:34:00 WIB

Profil Wilayah Desa

Desa Sigar Penjalin secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Terletak di paling barat Kecamatan Tanjung dengan jarak 9 Km dari kantor kecamatan. Jarak Desa Sigar Penjalin dari kantor bupati Kabupaten Lombok Utara sekitar 8 Km. Waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor menuju pusat kota kecamatan sekitar 25 menit, sedangkan waktu tempuh menuju ibukota Kabupaten kira-kira 20 menit.

Desa Sigar Penjalin terdiri dari 13 Dusun dengan luas wilayah adalah 14,29 Km2 dengan batas-batas desa sebagai berikut:

Batas Wilayah:

a.

Sebelah Utara

:

Laut Jawa

b.

Sebelah Selatan

:

Hutan Tutuban

c.

Sebelah Barat

:

Desa Pemenang Timur

d.

Sebelah Timur

:

Desa Medana dan Desa Teniga

 

Topografi dan Jenis Tanah:

Desa Sigar Penjalin berada pada ketinggian 0 – 700 m dari permukaan laut dan merupakan daerah yang agak landai dengan tingkat kelerengan 100 – 450. Terdapat kecendrungan semakin keselatan semakin tinggi pula kemiringan tanahnya. Kalau dilihat dari aspek klimatologis Sigar Penjalin termasuk dalam katagori iklim B ( menurut Schmidt dan Fergusson ) dengan curah hujan rata - rata sekitar 1.4500 mm setiap tahunnya. Musim penghujan biasanya dimulai bulan Nopember yang mencapai puncaknya pada bulan Januari dan berakhir bulan Maret.

 

Pemanfaatan Lahan:

Luas wilayah Desa Sigar Penjalin 14,29 Km2 yang terdiri: lahan persawahan seluas 63 Ha, lahan kering 818 Ha, pemukiman 41 Ha, tanah kas Desa 10 Are, lapangan 90 Are, Perkantoran 8 Are lainnya 20 Ha. Sementara hutan lindung 811 Ha dan hutan produksi 75 Ha. Masyarakat biasanya menanami sawah mereka dengan jenis padi dan jagung sedangkan pada lahan kering ditanami dengan kacang-kacanagan, jagung, jambu mente, ubi kayu, mangga, kelapa dan utuk lahan perkebunan dikembangkan mangga, kelapa, pisang, coklat, dan lain-lain.

Beberapa komuditi unggulan yang cukup berhasil dikembangkan dengan ketersediaan lahannya: kelapa 995 Ha, ubi kayu 65 Ha, kopi 15 Ha, jambu mente 65 Ha, jagung 45 Ha dan kakao 15 Ha. Komuditi ini telah mendongkrak pendapatan dan meningkatkan kesejahtraan masyarakat terutama sekali dari mente dan kelapa. Khususnya jambu mente mulai dikembangkan sejak tahun 1995 melalui program IFAD, yang telah diikembangkan oleh hampir sebagian dari seluruh kepala keluarga yang ada di Desa Sigar Penjalin terutama di wilayah sekitar perkebunan dan hutan.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Sigar Penjalin

tampilkan dalam peta lebih besar