Eks Menkes Siti Fadilah: Cuma Ditanya Kenal ini atau Enggak kok Ditahan?

Maswandi 25 Oktober 2016 13:47:22 WIB

Jakarta - Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari mengaku tidak menerima Mandiri Travellers Cheque (MTC) seperti dalam dakwaan mantan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan, Rustam Syarifudin Pakaya. Dia merasa perlakuan KPK terhadap dirinya tidak adil.

"Padahal saya tidak menerima. Tidak ada yang disebut sebagai pemberi dan tidak ada bukti saya menerima. Kalau saya menerima, siapa yang memberi, kapan, siapa, dan sebagainya," kata Siti sesaat sebelum ditahan di KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).

Siti pun mengaku hanya ditanya penyidik apakah mengenal beberapa pihak yang ditunjukkan padanya. Kemudian, dia akhirnya ditahan KPK di rumah tahanan (rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur.

"Tidak ditanya apa-apa. Cuma ditanya kenal ini sama kenal ini atau tidak, kok ditahan. Belum sampai pada pokok perkara, saya merasa ini sangat tidak adil," ucap Siti.

"Akhirnya saya selama lima tahun ditunjukkan dengan hukum yang sangat tidak adil. Pak Jokowi, saya harap adil menegakkan hukum dengan betul-betul," sambung Siti.

Kasus ini awalnya ditangani Polri yang kemudian dilimpahkan ke KPK. Baik di Polri maupun di KPK, status Siti sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Pada hari ini, Siti memang menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi alkes untuk kebutuhan Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan dari dana DIPA revisi APBN Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan tahun anggaran 2007.

Dalam dakwaan Ratna Dewi Umar, Siti disebut mengarahkan agar pengadaan alkes itu dilakukan dengan penunjukan langsung. Pelaksana pekerjaan atas proyek itu lalu jatuh kepada Bambang Rudijanto Tanoesudibjo dari PT Prasasti Mitra.

Selain itu, nama Siti juga muncul dalam dakwaan mantan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan Rustam Syarifudin Pakaya. Siti disebut memeroleh bagian dari pengadaan alkes itu berupa Mandiri Travellers Cheque (MTC) senilai Rp 1,275 miliar.
(dhn/rvk)

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3328098/eks-menkes-siti-fadilah-cuma-ditanya-kenal-ini-atau-enggak-kok-ditahan

Komentar atas Eks Menkes Siti Fadilah: Cuma Ditanya Kenal ini atau Enggak kok Ditahan?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sigar Penjalin

tampilkan dalam peta lebih besar